Selasa, 13 Desember 2011

Waspadai Bahan Kimia Dalam Makana



Kewaspadaan akan adanya bahan kimia dalam makanan harus terus ditingkatkan. Kasus-kasus penggunaan bahan kimia berbahaya dalam proses pembuatan makanan merupakan indikasi kuat akan resiko kesehatan yang akan terjadi, bila kita tidak dengan cermat menghindarinya.
Bahan kimia dalam makanan dapat masuk ke dalam makanan yang kita konsumsi dengan dua cara. Yang pertama adalah bahan kimia tersebut memang dengan sengaja ditambahkan dalam proses pembuatan dengan tujuan tertentu. Sebagai contoh adalah penggunaan bahan kimia pewarna tekstil untuk memperbaiki penampilan makanan.

Penambahan food additives seperti pengawet, pemanis buatan, pewarna makanan dan garam adalah contoh lain bahan kimia dalam makanan yang memang dengan sengaja ditambahkan selama proses produksi atau proses pembuatan.

Yang kedua, bahan kimia dalam makanan bisa juga berasal dari sisa bahan kimia atau berasal dari kemasan (food contaminants). Mari kita ambil contoh. Pestisida adalah bahan kimia beracun yang biasa digunakan petani untuk melindungi tanaman dari serangan hama. Pada saat hasil tanaman dipanen, sisa pestisida masih tetap ada. Dan kemungkinan besar masih akan tetap ada meskipun telah dicuci dengan menggunakan air dan masuk ke dalam tubuh ketika kita konsumsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar